Profil DKV

Profil DKV

Kisah pendiriannya serupa tapi tidak sama dengan Program Studi Keahlian Desain dan Produksi Kriya, karena ketika masih di Yogyakarta Program Studi Keahlian Seni Rupa bersatu dalam satu lembaga yang bernama SMPT (Sekolah Mengambar dan Pekerjaan Tangan). Menggambar menjadi SSRI kemudian SMSR . Sekarang SMSR menjadi  Bidang Studi Keahlian Seni, Kerajinan dan Pariwisata Program Studi Keahlian Seni Rupa terdiri dari 4 (empat) kompetensi keahlian yaitu: Kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), kompetensi keahlian Seni Lukis, kompetensi keahlian Seni Patung, dan kompetensi keahlian Desain Produk Interior dan Landscaping.

Program Studi Keahlian Seni Rupa Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual pada SMK Negeri 3 Tasikmalaya terlahir pada tahun 2004 sebagai upaya menuju pembentukan SMK Negeri 3 Tasikmalaya sebagai SMK Besar, disamping sebagai upaya memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menyekolahkan putera-puterinya pada kompetensi keahlian yang bervariasi. Disisi lain pembukaan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual pada SMK Negeri 3 Tasikmalaya adalah upaya untuk menaikan animo siswa baru mengingat peminat pada Program Studi Keahlian Desain dan Produksi Kriya relative menurun.


KOMPETENSI KEAHLIAN DKV :

  1. Ilustrasi
  2. Fotografi
  3. Desain Grafis
  4. Iklan TV
  5. Komik
  6. Karikatur
  7. Printing

PROSPEK KARIR :

  • Visualiser Artist
  • Ilustrator
  • Komikus
  • Karikaturis
  • Tata Artistik Artist
  • Dekorator
  • Fotgrafer
  • Event Organizer
  • Printing Operator

Desain Komunikasi Visual memperdalam keahlian dalam bidang :

  1. DIGITAL ILUSTRASI
  2. FOTOGRAFI
  3. DESAIN GRAFIS
  4. VIDEOGRAFI/AUDIO VISUAL
  5. ANIMASI
  6.  
  1. DIGITAL ILUSTRASI
    Membekali peserta didik agar mampu mengolah image/gambar untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual dengan berbagai software komputer grafis seperti corel draw, adobe photoshop,adobe illustrator. Hasil akhir karyanya bisa berupa karya digital imaging, karya ilustrasi untuk cover novel/ buku/ majalah/ tabloid, karya ilustrasi cerita bergambar /komik, karya ilustrasi untuk cerpen,rubrik dalam majalah,karya ilustrasi infogram,dsb.
  2. FOTOGRAFI
    Membekali peserta didik agar mampu berkarya fotografi dengan 5 teknik pemotretan (doft luas, doft sempit, panning, stop action dan show action),serta mampu mengaplikasikan karya fotografi tersebut untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual.
    Praktek pembelajaran fotografi berupa :
    Pemotretan Pas Foto
    Pemotretan Dokumentasi
    Pemotretan Close Up & Model
    Pemotretan Pre-Wedding,Wedding
    Pemotretan Still Life,lanscape
    Pemotretan Moment &  Human Interest
    Pemotretan Cahaya  Malam & Light Painting
    Fotografi desain
    NB.Pemotretan dilakukan secara out door dan in door di dalam studio dkv
  3. DESAIN GRAFIS = MEDIA CETAK (out door  dan in door)
    Membekali peserta didik agar mampu mengoperasikan dan mengaplikasikan berbagai software  komputer grafis seperti corel draw,adobe photoshop,adobe illustrator,adobe in design ke dalam segala perancangan komunikasi visual media cetak.
    Hasil akhir karyanya bisa berupa :
    Corporate identity/desain logo (logotype-logogram,trade mark/merk dagang)
    Desain stasionery (papan nama,ID card/kartu nama, amplop, kertas surat, kertas memo, stop map, buku,coaster,sticker,kalender meja dan dinding.
    Desain cover buku, majalah,tabloid,surat kabar,katalog,leaflet,brosur,fliyer
    Desain packaging/kemasan produk,merchandise,car branding
    Desain umbul-umbul,spanduk,banner,backdrop,billboard,building ad,neon sign,neon box
    Wedding card/desain kartu undangan pernikahan
    Desain iklan majalah,poster komersil,poster sosial
  4. VIDEOGRAFI
    Membekali peserta didik agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software adobe premier,pinnacle dan corel video studio.
    Praktek pembelajaran videografi berupa :
    Shooting – Editing Video
    Pembuatan Video Klip
    Video Dokumentasi
    Video Dokumentasi Wedding
    Video Efek untuk iklan/film
    Movie Company Profile
    Iklan Televisi
    Film Indie