SMKN 3 Tasikmalaya Gelar Lomba Liga Ketangkasan PKS

SMKN 3 Tasikmalaya Gelar Lomba Liga Ketangkasan PKS

Ajang Anak Muda Berprestasi

TASIK – Siswa SMP dan SMA sederajat di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya mengikuti Lomba Liga Ketangkasan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Lomba tersebut dalam rangka HUT Peleton Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMKN 3 Tasikmalaya ke-30 tahun 2017.
Pembina PKS SMKN 3 Tasikmalaya Heri Hermawan ST menjelaskan ada tiga mata lomba yang diikuti 10 SMP/MTs dan 9 SMA/SMK dan MA di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Yaitu, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), Gatur Lantas dan Joged Komando. Mereka mengikuti lomba di Markas Komando Peleton Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMKN 3 Tasikmalaya Jalan Tamansari Gobras No. 100 SMKN 3 Tasikmalaya Minggu (12/11).
Adapun kegiatan secara umum, peringatan HUT Peleton Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMKN 3 Tasikmalaya ke-30 tahun 2017, kata dia, yaitu coffee morning (tasyakuran), SMIK Road Safety Challenge atau tantangan aksi warga SMKN 3 dalam keselamatan berlalu lintas dan liga ketangkasan PKS yang baru dilaksanakan untuk pertama kalinya.
”Jadi ini pertama kalinya kita melaksanakan liga ketangkasan PKS. Ada tiga lomba yang dilaksanakan yakni LKBB, Gatur Lantas dan Joged Komando, yang diikuti oleh 10 SMP/MTs dan 9 SMA/SMK dan MA di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Heri Minggu (12/11).
Dia berharap para pelajar yang mengikuti aneka lomba tersebut dapat mengembangkan segala potensinya dan sadar akan tugas dan kewajibannya sebagai penerus bangsa. Terlebih, lomba-lomba tersebut berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober) dan Hari Pahlawan (10 November).
”Hal ini juga sebagai langkah untuk menanamkan kesadaran dalam disiplin berlalu lintas, taat terhadap aturan yang berlaku dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta untuk membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme pemuda Indonesia khususnya untuk siswa-siswi SMK N 3 Tasikmalaya,” tuturnya.
Serma Mahfudin dari Kodim 0612 Tasikmalaya menuturkan lomba baris berbaris TNI ini penting untuk membentuk sikap disiplin, selain itu untuk membentuk jiwa korsa pada peserta didik.
”Jadi intinya adalah untuk pembentukan karakter, begitu juga dengan joged komando, di samping jiwa kreasi juga kebersamaan sangat dibutuhkan dan dari perlombaan ini bukan hanya sekedar berkompetisi, namun menjadi bekal untuk kedepannya agar lebih tahu aturan-aturan yang sesuai untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya.
Bintara Unit Dikyasa Lantas Polres Tasikmalaya Kota Brigpol Diki Mulyandi S juga menuturkan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah merupakan binaan dari Polres Tasikmalaya Kota, di bawah naungan Unit Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota bidang pendidikan. Dia berharap dari aneka lomba itu, bukan hanya sekedar spirit berkompetisi yang mereka dapatkan, namun juga menjadi bagian dari pembentukan karakter untuk menjadi generasi yang lebih baik dan berguna untuk nusa dan bangsa. (ais)

Sumber : https://www.radartasikmalaya.com/smkn-3-tasikmalaya-gelar-lomba-liga-ketangkasan-pks/